pengertian tentang windows 8
silahkan klik link ini :
DOWNLOAD
Senin, 29 Oktober 2012
disini anda ingin tau tentang windows 8 , OK
cobalah buka link ini untuk mendownload datanya :
http://dc444.4shared.com/doc/PE3iyFrN/preview.html
cobalah buka link ini untuk mendownload datanya :
http://dc444.4shared.com/doc/PE3iyFrN/preview.html
Selasa, 16 Oktober 2012
Penyebab Komputer Berjalan Lambat
Penyebab Komputer Berjalan Lambat
Kebanyakan orang awam hanya menganggap bahwa komputer lambat hanya diakibatkan karena kemampuan prosesor atau memory yang digunakan. Akan tetapi pada kenyataannya belum tentu hal tersebut penyebabnya, Banyak faktor yang menyebabkan komputer lambat, misalnya suhu yang terlalu panas, terlalu banyak program yang terinstal, dll. Dengan mengetahui masalah-masalah yang terlihat, sehingga kita bisa menyimpulkan dimana sumber penyebabnya setelah itu baru diperbaiki. Berikut ini beberapa penyebab komputer berjalan lambat berdarsarkan penglamanan saya :1. Cara Pemakaian Komputer
Baik atau tidaknya kondisi komputer pastinya sangat tergantung dari pemakaian komputer. Sebagus apapun ketahanan dan spesifikasi komputer kita, jika diperlakukan dengan tidak baik pasti akan menimbulkan masalah seperti menjadi lambat bahkan rusak, Berikut ini beberapa contoh pemakaian komputer dengan baik dan benar :
- Berikan Stabilizer supaya tegangan listrik ke komputer stabil
- Mematikan komputer dengan prosedur yang benar
- Membuang software-software yang tidak diperlukan
- Tidak memaksa komputer untuk menjalankan software yang berat
- Instal antivirus terbaik, terbaru dan ringan untuk dijalankan di komputer
- Bersihkan file sampah secara berkala
- Defragment hardisk secara berkala
- Bersihkan komponen dan periferal komputer secara teratur
- Meletakan komputer ditempat yang baik (tidak lembab, panas, berdebu, dsb)
- Tidak meletakan minuman di sekirar komputer
- dsb.
2. Spesifikasi Hardware
Pastikan Hardware yang digunakan sudah memenuhi kebutuhan minimum yang telah direkomendasikan sistem operasi ataupun aplikasi-aplikasi yang telah terinstal didalamnya, Spesifikasi minimum tersebut dapat dilihat pada saat anda melakukan isntalasi, internet, ataupun dari readme file.
3. Kondisi Hardware
Hardware yang bermasalah akan berdampak pada kecepatan komputer, Hardware utama yang paling umum berpengaruh diantaranya ialah prosesor, motherboard, memori, hardisk, dan power supply. Berikut ini prosedur pengecekan kondisi hardware :
- Periksa apakah power supply bekerja dengan baik, dan daya/tegangan/arus yang di keluarkan sudah mencukupi / tidak
- Pastikan hardware beserta kabel-kabelnya sudah terpasang dengan benar
- Periksa apakah Voltage prosesor terlalu rendah / tinggi melalui BIOS
- Periksa kondisi memory dengan cara mencoba menggunakan memory yang lain / gunakan memory tersebut dikomputer lain
- Pastikan Share memory untuk VGA tidak terlalu besar
- Pastikan hardisk tidak bad sector, tidak terlalu banyak data dan ter-defrag
- Pastikan seluruh komponen hardware bersih dari debu, korosi, dan kotoran lain
Suhu sangat berpengaruh pada performa komputer, suhu yang terlalu tinggi tidak hanya menyebabkan komputer berjalan lambat tapi juga bisa menyebabkan komputer tersebut restart, ataupun mati secara tiba-tiba. Tingkat suhu hardware dapat dilihat melalui BIOS, ataupun aplikasi lain seperti PC Wizard. Jika suhu hardware memang tinggi, solusinya dengan cara :
- Atur dan rapikanlah kabel-kabel didalam casing supaya sirkulasi udara lancar
- Pastikan komponen pendingin seperti Kipas masih berfungsi dengan baik, dapat beroperasi dengan lancar dan kecepatannya tidak rendah
- Tambahkan Fan Casing dan Fan Hardisk jika diperlukan
- Jangan meng-overclock CPU terlalu berlebihan
- Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan komputer berkali-kali dalam sehari
- Pastikan anda tidak menyalakan komputer secara nonstop 24 jam
Jangan menginstal sistem operasi maupun aplikasi yang memiliki kebutuhan spesifikasi hardware lebih tinggi dari hardware komputer yang kita gunakan, karena sudah pasti komputer tersebut akan berjalan lambat.
6. Kondisi File-file Pada Hardisk
Bersihkanlah file-file sampah atau file yang sudah tidak berguna lagi pada hardisk secara teratur dengan menggunakan disk cleaner pada windows atau aplikasi lain seperti ccleaner, tune up utilities, dll. Lakukanlah defragmen Hardisk secara berkala supaya hardisk dapat mengakses data lebih cepat. Selain itu Sisakan ruang kosong untuk hadisk supaya tidak terlalu membebaninya.
7. Kondisi Software
Semakin banyak software yang terinstal maka akan semakin berat pula kerja komputer yang menyebabkan komputer menjadi lambat. Selain itu batasi sofware yang tidak diperlukan yang otomatis aktif pada saat star up dan juga aktif berjalan di background, seperti yahoo messenger, winamp agent, dll. Untuk menonaktifkannya dapat menggunakan Task Manager dengan cara menekan Crtrl + Alt + Del untuk menjalankannya.
8. Bersihkan Seluruh Virus Dan Malware
Virus dan malware sangat membebani kerja komputer, maka dari itu hindari dan lindungilah komputer dari infeksi virus, selain itu bersihkan juga seluruh virus yang ada, berikut beberapa solusinya :
Scan komputer secara rutin menggunakan anti virus yang handal tapi tidak memberatkan komputer
Aktifkan firewall jika komputer terkoneksi dengan jaringan
Selalu scan media eksternak lainnya yang terhubung dengan komputer seperti flask disk, CD-ROM dll.
Non-aktifkan / disable autorun windows
9. Optimasi Sistem Operasi
Nonaktifkan-lah fasilitas-fasilitas atau service sistem operasi yang tidak diperlukan seperti pada tampilan yang digunakan. fitur-fitur yang dinonaktifkan diantaranya adalah :
- yahoo messenger
- auto run
- visual effect
- indexing service
- dll
Pengertian ICMP (Internet Control Message Protocol) ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan / paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer atasnya (TCP/UDP). Pada konsisi normal, protokol IP berjalan dengan baik. Namun ada beberapa kondisi dimana koneksi IP terganggu, misalnya karena Router crash, putusnya kabel, atau matinya host tujuan. Pada saat ini ICMP membantu menstabilkan kondisi jaringan, dengan memberikan pesan-pesan tertentu sebagai respons atas kondisi tertentu yang terjadi pada jaringan tersebut. contoh : hubungan antar router A dan B mengalami masalah, maka router A secara otomatis akan mengirimkan paket ICMP Destination Unreachable ke host pengirim paket yang berusaha melewati host B menuju tujuannya. Dengan adanya pemberitahuan ini maka host tujuan tidak akan terus menerus berusaha mengirimkan paketnya melewati router B. Ada dua tipe pesan yang dapat dihasilkan ICMP : ICMP Error Message (dihasilkan jika terjadi kesalahan jaringan) ICMP Query Message (dihasilkan jika pengirim paket mengirimkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi jaringan. ICMP Error Message dibagi menjadi beberapa jenis : Destination Unreachable, dihasilkan oleh router jika pengirim paket mengalami kegagalan akibat masalah putusnya jalur baik secara fisik maupun logic. Destination Unreacheable dibagi lagi menjadi beberapa jenis : Network Unreacheable, jika jaringan tujuan tak dapat dihubungi Host Unreacheable, jika host tujuan tak bisa dihubungi Protocol At Destination is Unreacheable, jika di tujuan tak tersedia protokol tersebut. Destination Host is Unknown, jika host tujuan tidak diketahui Destination Network is Unknown, jika network tujuan tidak diketahui Time Exceeded, dikirimkan jika isi field TTL dalam paket IP sudah habis dan paket belum juga sampai ke tujuannya. Tiap kali sebuah paket IP melewati satu router, nilai TTL dalam paket tsb, dikurangi satu. TTL ini diterapkan untuk mencegah timbulnya paket IP yang terus menerus berputar-putar di network karena suatu kesalahan tertentu. sehingga menghabiskan sumber daya yang ada. Field TTL juga digunakan oleh program traceroute untuk melacak jalannya paket dari satu host ke host lain. Program traceroute dapat melakukan pelacakan rute berjalannya IP dengan cara mengirimkan paket kecil UDP ke IP tujuan, dengan TTL yang di set membesar. Saat paket pertama dikirim, TTL diset satu, sehingga router pertama akan membuang paket ini dan mengirimkan paket ICMP Time Exceeded, kemudian paket kedua dikirim, dengan TTL dinaikan. Dengan naiknya TTL paket ini sukses melewati router pertama namun dibuang oleh router kedua, router ini pun mengirim paket ICMP time Exceeded. Parameter Problem, paket ini dikirim jika terdapat kesalahan parameter pada header paket IP. Source Quench, Paket ICMP ini dikirimkan jika router tujuan mengalami kongesti. Sebagai respons atas paket ini pihak pengirim paket harus memperlambat pengiriman paketnya. Redirect, paket ini dikirimkan jika router merasa host mengirimkan paket IP melalui router yang salah. Paket ini seharusnya dikirimkan melalui router lain. Timbulnya ICMP Sedangkan ICMP Query Message Terdiri atas : Echo dan Echo Reply, Bertujuan untuk memeriksa apakah sistem tujuan dalam keadaan aktif. Program ping merupakan program pengisi paket ini. Respondet harus mengembalikan data yang sama dengan data yang dikirimkan. Timestamp dan Timestamp Reply, Menghasilkan informasi waktu yang diperlukan sistem tujuan untuk memproses suatu paket. Address mask, untuk mengetahui beberapa netmask yang harus digunakan suatu host dalam suatu network. Sebagai paket pengatur kelancaran jaringan, paket ICMP tidak diperbolehkan membebani network. Karenanya paket ICMP tidak boleh dikirim saat terjadi problem yang disebabkan oleh : Kegagalan pengririman paket ICMP Kegagalan pengiriman paket broadcast atau multicast.
Pengertian ICMP (Internet Control Message Protocol)
contoh : hubungan antar router A dan B mengalami masalah, maka router A secara otomatis akan mengirimkan paket ICMP Destination Unreachable ke host pengirim paket yang berusaha melewati host B menuju tujuannya. Dengan adanya pemberitahuan ini maka host tujuan tidak akan terus menerus berusaha mengirimkan paketnya melewati router B.
Ada dua tipe pesan yang dapat dihasilkan ICMP :
- ICMP Error Message (dihasilkan jika terjadi kesalahan jaringan)
- ICMP Query Message (dihasilkan jika pengirim paket mengirimkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi jaringan.
ICMP Error Message dibagi menjadi beberapa jenis :
- Destination Unreachable, dihasilkan oleh router jika pengirim paket mengalami kegagalan akibat masalah putusnya jalur baik secara fisik maupun logic. Destination Unreacheable dibagi lagi menjadi beberapa jenis :
- Network Unreacheable, jika jaringan tujuan tak dapat dihubungi
- Host Unreacheable, jika host tujuan tak bisa dihubungi
- Protocol At Destination is Unreacheable, jika di tujuan tak tersedia protokol tersebut.
- Destination Host is Unknown, jika host tujuan tidak diketahui
- Destination Network is Unknown, jika network tujuan tidak diketahui
- Time Exceeded, dikirimkan jika isi field TTL dalam paket IP
sudah habis dan paket belum juga sampai ke tujuannya. Tiap kali sebuah
paket IP melewati satu router, nilai TTL dalam paket tsb, dikurangi
satu. TTL ini diterapkan untuk mencegah timbulnya paket IP yang terus
menerus berputar-putar di network karena suatu kesalahan tertentu.
sehingga menghabiskan sumber daya yang ada.
Field TTL juga digunakan oleh program traceroute untuk melacak jalannya paket dari satu host ke host lain. Program traceroute dapat melakukan pelacakan rute berjalannya IP dengan cara mengirimkan paket kecil UDP ke IP tujuan, dengan TTL yang di set membesar.
Saat paket pertama dikirim, TTL diset satu, sehingga router pertama akan membuang paket ini dan mengirimkan paket ICMP Time Exceeded, kemudian paket kedua dikirim, dengan TTL dinaikan. Dengan naiknya TTL paket ini sukses melewati router pertama namun dibuang oleh router kedua, router ini pun mengirim paket ICMP time Exceeded.
- Parameter Problem, paket ini dikirim jika terdapat kesalahan parameter pada header paket IP.
- Source Quench, Paket ICMP ini dikirimkan jika router
tujuan mengalami kongesti. Sebagai respons atas paket ini pihak pengirim
paket harus memperlambat pengiriman paketnya.
- Redirect, paket ini dikirimkan jika router merasa host mengirimkan paket IP melalui router yang salah. Paket ini seharusnya dikirimkan melalui router lain.
![]() |
Timbulnya ICMP |
Sedangkan ICMP Query Message Terdiri atas :
- Echo dan Echo Reply, Bertujuan
untuk memeriksa apakah sistem tujuan dalam keadaan aktif. Program ping
merupakan program pengisi paket ini. Respondet harus mengembalikan data
yang sama dengan data yang dikirimkan.
- Timestamp dan Timestamp Reply, Menghasilkan informasi waktu yang diperlukan sistem tujuan untuk memproses suatu paket.
- Address mask, untuk mengetahui beberapa netmask yang harus digunakan suatu host dalam suatu network.
Sebagai paket pengatur kelancaran jaringan, paket ICMP tidak diperbolehkan membebani network. Karenanya paket ICMP tidak boleh dikirim saat terjadi problem yang disebabkan oleh :
- Kegagalan pengririman paket ICMP
- Kegagalan pengiriman paket broadcast atau multicast.
topologi
TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan
atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Pola ini sangat erat
kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan.
Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geofrapis dari
masing-masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam
komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman
data. Dalam definisi topologi terbagi menjadi dua, yaitu topologi fisik
(physical topology) yang menunjukan posisi pemasangan kabel secara fisik
dan topologi logik (logical topology) yang menunjukan bagaimana suatu
media diakses oleh host.
Adapun topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan adalah :
Point to Point (Titik ke-Titik).
Jaringan kerja titik ketitik merupakan jaringan kerja yang paling sederhana tetapi dapat digunakan secara luas. Begitu sederhananya jaringan ini, sehingga seringkali tidak dianggap sebagai suatu jaringan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa. Dalam hal ini, kedua simpul mempunyai kedudukan yang setingkat, sehingga simpul manapun dapat memulai dan mengendalikan hubungan dalam jaringan tersebut. Data dikirim dari satu simpul langsung kesimpul lainnya sebagai penerima, misalnya antara terminal dengan CPU.
Star Network (Jaringan Bintang).
Dalam konfigurasi bintang, beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat komputer. Kontrol yang ada akan dipusatkan pada satu titik, seperti misalnya mengatur beban kerja serta pengaturan sumber daya yang ada. Semua link harus berhubungan dengan pusat apabila ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang dituju. Dalam hal ini, bila pusat mengalami gangguan, maka semua terminal juga akan terganggu. Model jaringan bintang ini relatif sangat sederhana, sehingga banyak digunakan oleh pihak per-bank-kan yang biasanya mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar diberbagai lokasi. Dengan adanya konfigurasi bintang ini, maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan dikoordinasikan dengan baik. Disamping itu, dunia pendidikan juga banyak memanfaatkan jaringan bintang ini guna mengontrol kegiatan anak didik mereka.
Kelebihan
· Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
· Tingkat keamanan termasuk tinggi.
· Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
· Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
· Jika node tengah mengalami kerusakan, maka maka seluruh jaringan akan terhenti.
Penanganan
· Perlunya disiapkan node tengah cadangan.

Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama. Data yang dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul sehingga sampai pada simpul yang dituju. Dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah. Walaupun demikian, data yang ada tetap bergerak satu arah dalam satu saat. Pertama, pesan yang ada akan disampaikan dari titik ketitik lainnya dalam satu arah. Apabila ditemui kegagalan, misalnya terdapat kerusakan pada peralatan yang ada, maka data yang ada akan dikirim dengan cara kedua, yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan, dan pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang dituju. Konfigurasi semacam ini relative lebih mahal apabila dibanding dengan konfigurasi jaringan bintang. Hal ini disebabkan, setiap simpul yang ada akan bertindak sebagai komputer yang akan mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya, serta harus mampu membagi sumber daya yang dimilikinya pada jaringan yang ada. Disamping itu, sistem ini lebih sesuai digunakan untuk sistem yang tidak terpusat (decentralized-system), dimana tidak diperlukan adanya suatu prioritas tertentu.

Tree Network (Jaringan Pohon)
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat

Bus Network
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-network, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama. Dalam hal ini, jaringan tidak tergantung kepada komputer yang ada dipusat, sehingga bila salah satu peralatan atau salah satu simpul mengalami kerusakan, sistem tetap dapat beroperasi. Setiap simpul yang ada memiliki address atau alam sendiri. Sehingga untuk meng-access data dari salah satu simpul, user atau pemakai cukup menyebutkan alamat dari simpul yang dimaksud. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Merupakan jaringan yang benar-benar interaktif, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk meng-access secara langsung tidak hanya terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan de-sentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi.

Topologi Logik pada umumnya terbagi mejadi dua tipe, yaitu :
a. Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.
b. Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision dapat dicegah.
Faktor – faktor yang perlu mendapat pertimbangan untuk pemilihan topologi adalah sebagai berikut :
· Biaya
Sistem apa yang paling efisien yang dibutuhkan dalam organisasi.
· Kecepatan
Sampai sejauh mana kecepatan yang dibutuhkan dalam sistem.
· Lingkungan
Misalnya listrik atau faktor – faktor lingkungan yang lain, yang berpengaruh pada jenis perangkat keras yang digunakan.
· Ukuran
Sampai seberapa besar ukuran jaringan. Apakah jaringan memerlukan file server atau sejumlah server khusus.
· Konektivitas
Apakah pemakai yang lain yang menggunakan komputer laptop perlu mengakses jaringan dari berbagai lokasi.
Adapun topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan adalah :
Point to Point (Titik ke-Titik).
Jaringan kerja titik ketitik merupakan jaringan kerja yang paling sederhana tetapi dapat digunakan secara luas. Begitu sederhananya jaringan ini, sehingga seringkali tidak dianggap sebagai suatu jaringan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa. Dalam hal ini, kedua simpul mempunyai kedudukan yang setingkat, sehingga simpul manapun dapat memulai dan mengendalikan hubungan dalam jaringan tersebut. Data dikirim dari satu simpul langsung kesimpul lainnya sebagai penerima, misalnya antara terminal dengan CPU.
Star Network (Jaringan Bintang).
Dalam konfigurasi bintang, beberapa peralatan yang ada akan dihubungkan kedalam satu pusat komputer. Kontrol yang ada akan dipusatkan pada satu titik, seperti misalnya mengatur beban kerja serta pengaturan sumber daya yang ada. Semua link harus berhubungan dengan pusat apabila ingin menyalurkan data kesimpul lainnya yang dituju. Dalam hal ini, bila pusat mengalami gangguan, maka semua terminal juga akan terganggu. Model jaringan bintang ini relatif sangat sederhana, sehingga banyak digunakan oleh pihak per-bank-kan yang biasanya mempunyai banyak kantor cabang yang tersebar diberbagai lokasi. Dengan adanya konfigurasi bintang ini, maka segala macam kegiatan yang ada di-kantor cabang dapatlah dikontrol dan dikoordinasikan dengan baik. Disamping itu, dunia pendidikan juga banyak memanfaatkan jaringan bintang ini guna mengontrol kegiatan anak didik mereka.
Kelebihan
· Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
· Tingkat keamanan termasuk tinggi.
· Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
· Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
· Jika node tengah mengalami kerusakan, maka maka seluruh jaringan akan terhenti.
Penanganan
· Perlunya disiapkan node tengah cadangan.

Gambar 3.1 Topologi jaringan bintang
Ring Networks (Jaringan Cincin)Pada jaringan ini terdapat beberapa peralatan saling dihubungkan satu dengan lainnya dan pada akhirnya akan membentuk bagan seperti halnya sebuah cincin. Jaringan cincin tidak memiliki suatu titik yang bertindak sebagai pusat ataupun pengatur lalu lintas data, semua simpul mempunyai tingkatan yang sama. Data yang dikirim akan berjalan melewati beberapa simpul sehingga sampai pada simpul yang dituju. Dalam menyampaikan data, jaringan bisa bergerak dalam satu ataupun dua arah. Walaupun demikian, data yang ada tetap bergerak satu arah dalam satu saat. Pertama, pesan yang ada akan disampaikan dari titik ketitik lainnya dalam satu arah. Apabila ditemui kegagalan, misalnya terdapat kerusakan pada peralatan yang ada, maka data yang ada akan dikirim dengan cara kedua, yaitu pesan kemudian ditransmisikan dalam arah yang berlawanan, dan pada akhirnya bisa berakhir pada tempat yang dituju. Konfigurasi semacam ini relative lebih mahal apabila dibanding dengan konfigurasi jaringan bintang. Hal ini disebabkan, setiap simpul yang ada akan bertindak sebagai komputer yang akan mengatasi setiap aplikasi yang dihadapinya, serta harus mampu membagi sumber daya yang dimilikinya pada jaringan yang ada. Disamping itu, sistem ini lebih sesuai digunakan untuk sistem yang tidak terpusat (decentralized-system), dimana tidak diperlukan adanya suatu prioritas tertentu.

Gambar 8.2 Topologi jaringan cincin
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat

Gambar 8.3 Topologi jaringan pohon
Konfigurasi lainnya dikenal dengan istilah bus-network, yang cocok digunakan untuk daerah yang tidak terlalu luas. Setiap komputer (setiap simpul) akan dihubungkan dengan sebuah kabel komunikasi melalui sebuah interface. Setiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan komputer ataupun peralatan lainnya yang terdapat didalam network, dengan kata lain, semua simpul mempunyai kedudukan yang sama. Dalam hal ini, jaringan tidak tergantung kepada komputer yang ada dipusat, sehingga bila salah satu peralatan atau salah satu simpul mengalami kerusakan, sistem tetap dapat beroperasi. Setiap simpul yang ada memiliki address atau alam sendiri. Sehingga untuk meng-access data dari salah satu simpul, user atau pemakai cukup menyebutkan alamat dari simpul yang dimaksud. Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Gambar 8.4 Topologi jaringan bus
Plex Network (Jaringan Kombinasi)Merupakan jaringan yang benar-benar interaktif, dimana setiap simpul mempunyai kemampuan untuk meng-access secara langsung tidak hanya terhadap komputer, tetapi juga dengan peralatan ataupun simpul yang lain. Secara umum, jaringan ini mempunyai bentuk mirip dengan jaringan bintang. Organisasi data yang ada menggunakan de-sentralisasi, sedang untuk melakukan perawatan, digunakan fasilitas sentralisasi.

Gambar 8.5 Topologi jaringan kombinasi
a. Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan.
b. Topologi Token Passing
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. Host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. Dengan token ini, collision dapat dicegah.
Faktor – faktor yang perlu mendapat pertimbangan untuk pemilihan topologi adalah sebagai berikut :
· Biaya
Sistem apa yang paling efisien yang dibutuhkan dalam organisasi.
· Kecepatan
Sampai sejauh mana kecepatan yang dibutuhkan dalam sistem.
· Lingkungan
Misalnya listrik atau faktor – faktor lingkungan yang lain, yang berpengaruh pada jenis perangkat keras yang digunakan.
· Ukuran
Sampai seberapa besar ukuran jaringan. Apakah jaringan memerlukan file server atau sejumlah server khusus.
· Konektivitas
Apakah pemakai yang lain yang menggunakan komputer laptop perlu mengakses jaringan dari berbagai lokasi.
ANDROID
Apa itu Android, pengertian android secara singkat
Apa itu android, mungkin pertanyaan mengenai pengertian android ini belakangan menjadi pertanyaan banyak orang. Karena banyaknya media yang memberitakan mengenai android, membuat kita menjadi semakin bertanya-tanya apa itu android, apa sebenarnya pengertian android.Apa Pengertian Android …… ?

Jika kita bertanya pada wikipedia indonesia tentang pengertian android, maka pak wiki akan memberikan 3 opsi pengertian android, yaitu :
1. Android (robot), robot yang dibuat menyerupai manusia.
2. Android (sistem operasi), sistem operasi untuk perangkat telepon seluler, yang dikembangkan oleh Google.
3. Android Kikaider, sebuah serial Tokusatsu dari Jepang
Namun yang dimaksud dari pertanyaan apa itu android di sini tentulah Android yang merupakan sistem operasi, bukan pengertian android yang lain. Sistem operasi yang baru lahir namun melejit tinggi menyaingi para pendahulunya.
Kembali kepada pengertian android, menurut pak wikipedia pengertian Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Lain halnya dengan web resmi android. Mereka hanya memberikan pengertian android sederhana pada halaman APA ITU ANDROID pada web tersebut. Sesuai apa yang dikatakann mereka bahwa Android ™ memberikan satu set lengkap perangkat lunak untuk perangkat mobile: sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci mobile.
Namun pengertian android di atas juga diiringi setidaknya oleh 5 point penjelasan selain mengenai apa itu android.
Nah mungkin pengertian android di atas sudah dapat menjawab pertanyaan Apa itu android. Namun bagi anda yang tidak cukup dengan pengertian android singkat seperti di atas. Atau yang butuh jawaban lebih dalam mengenai apa itu android. Maka saya sarankan untuk membaca beberapa sumber dari wikipedia berikut
Apa itu android / pengertian android lebih dalam
Atau di web resminya10 desain laptop masa depan
10 DISAIN LAPTOP MASA DEPAN
10 Desain Laptop Masa Depan
1. HP NobagVersi laptop HP ini dirancang untuk wanita yang tidak menyukai tas untuk laptop. Konsep laptop ini dirancang untuk dapat digulung seperti payung jika tidak digunakan dan menentengnya selayaknya aksesori yang elegan.
Laptop ini dilengkapi layar OLED (organic light emitting diode) dan sensor sentuh. Laptop ini dirancang khusus untuk perempuan dipersembahkan oleh HP, hasil dari kreativitas yang dikombinasikan dengan ‘thinking out of the box’ seorang desainer, Nikita Buyanov.
2. MoonLight Laptop
Konsep laptop ini dilengkapi dengan layar duel-curved, dimana terdapat 2 layar yang melengkung, yang memungkinkan pengguna menjaga jarak ideal antara mata dan layar laptop untuk mengurangi stres mata.
Layar yang bawah menggunakan teknologi layar sentuh dan dapat digunakan untuk mouse atau menjalankan sebuah mini OS di latar belakang, atau hanya sebagai lampiran dari layar yg lebih besar.
Frame sensor dikendalikan dan menyala dalam gelap dan memiliki sepasang kaki yang panjang untuk mengangkat laptop dan untuk menempatkan keyboard dengan tepat.
3. Canvas Laptop
Seorang desainer bernama Kyle Cherry telah mengembangkan laptop abad ke-21.
Laptop ini memiliki layar sentuh yang sensitif sangat tipis dan komponen lain akan terlihat hampir sama tetapi mereka akan disesuaikan dengan lebih baik.
Desainer Kyle Cherry telah membayangkan tipe baru komputer dengan kreativitas yang intens dalam pikiran. Disebut ‘kanvas’, komputer ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas desainer atau artis.
Laptop ini ditujukan untuk memudahkan pengguna komputer dengan pengalaman yang sedikit atau bahkan tidak ada pengalaman sama sekali, untuk beralih dari cara kerja tradisional ke cara kerja digital.
4. Sony Vaio Zoom
Dirancang oleh Eno Setiawan (Desainer Indonesia), konsep notebook Vaio Zoom mengambil segala yang kita ketahui tentang teknologi holografik dan meremas itu ke dalam kaca tipis.
Ketika aktif, layar benar-benar transparan dan keyboard berjalan buram. Hidupkan dan perayaan holografik touchscreen dimulai! Bahkan tombol mouse hologram!
Ini hanya konsep jadi tidak ada info tentang tidbits penting seperti tactile feedback, baterai, statistik sistem, dll, tapi sisanya yakin teknologi seperti ini lebih dekat daripada yang Anda pikirkan. Mungkin tidak datang sekaligus tapi datang, itu pasti!
5. Asus Dual panel laptop
Dual panel ini menawarkan ruang kerja yang fleksibel di mana pengguna dapat beradaptasi sesuai skenario penggunaan yang berlaku pada mereka. Misalnya menyesuaikan ukuran touchpad dan keyboard virtual.
Melalui gerak tangan, pengenalan tulisan tangan, dan multitouch, pengguna disajikan dengan permukaan kontrol yang bersifat fleksibel dan intuitif.
Pengguna dapat menggunakan konsep dual-panel dalam berbagai skenario penggunaan.
Misalnya sebagai notebook konvensional dengan layar multitouch, virtual keyboard dan touchpad, sebuah hub multimedia, di mana kedua panel ganda bisa bergabung membentuk tampilan yang lebih besar untuk hiburan layar lebar, atau mode E-book di mana pengguna dapat menahan panel ganda notebook konsep seperti mereka akan mengadakan buku konvensional saat membalik-balik halaman melalui gerakan intuitif atau dengan sentuhan.
Konsep-konsep ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna melalui inovasi teknologi dan desain yang user-centric.
6. Samsung Amoled
Tampilan AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) telah menjadi sorotan karena kualitas layar besar mereka dan Samsung sudah mulai menerapkan teknologi baru ini di beberapa perangkat seperti ponsel dan kamera.
Baru-baru ini Divisi SDI di Samsung datang dengan prototipe notebook AMOLED yang mereka klaim menghasilkan rasio kontras sekitar 20 kali lebih besar daripada LCD!
Konsep notebook AMOLED oleh Samsung juga memiliki desain yang unik yang tipis dan ramping dengan keyboard sentuh sensitif.
7. Compenion laptop
Felix Schmidberger telah merancang sebuah laptop untuk tahun 2015 dengan layar sentuh OLED.
Ini terdiri dari dua layar OLED geser, salah satu yang dapat digunakan sebagai keyboard, pada saat diperlukan. Menurut kami, ini adalah konsep laptop yang terlihat paling menarik, dan pada masa depan akan membuat konsep laptop ini jauh lebih baik nantinya.
Komputer ini sendiri memiliki OLED touchscreen, mirip dengan UMPC atau PDA.
Seluruh layarnya slider, karena dapat dipindahkan ke depan untuk mengungkapkan touchscreen OLED kedua di bawah, di mana Anda dapat memiliki keyboard atau kontrol bekerja, mirip dengan setup dengan 2 monitor.
8. MacBook Touch
Konsep ini didasarkan pada salah satu paten terbaru Apple.
Menggunakan layar multitouch transparan yang dapat bekerja sebagai permukaan kontrol pada dua sisi, baik saat perangkat terbuka serta tertutup.
Mungkinkah ini benar-benar menjadi the holy grail komputasi tablet?
Layar sentuh transparan akan mengambil peran normal dari permukaan multitouch saat komputer ditutup. Saat komputer dibuka, dengan menggunakan langkah clamshell normal, permukaan akan menampilkan keyboard atau antarmuka pengguna lain.
9. Apple iMac
Konsep Desain oleh Adam Benton didasarkan pada desain tren Apple serta inkarnasi iMac sebelumnya.
Dengan pitches layar 30-inch transparan yang dapat diatur untuk berbagai tingkat transparansi dan benar-benar transparan ketika dimatikan.
Keyboard, juga transparan, dirancang secara ergonomis dengan tombol cahaya menerangi sensitif dan seluruh set-up, tentu saja,wireless!
10. Mac Tab
Designer Yann Le Coroller telah menciptakan suatu Mac Tablet tidak resmi, yang disebut MacTab.
Laptop ultraportable merupakan konsep yang cocok dengan citra Apple.
Yan menjelaskan, “Keyboard nirkabel sangat tipis digunakan sebagai pelindung penutup untuk transportasi ini tinggal di tempat dengan kombinasi magnet dan takik.. Pada bagian belakang komputer, engsel yang memungkinkan untuk diletakkan dalam posisi vertikal sehingga Anda dapat menggunakan Mactab nyaman di meja Anda.”
Langganan:
Postingan (Atom)